Fixed Grate

Unit ini banyak digunakan untuk memodifikasi Boiler berbahan bakar minyak beralih ke bahan bakar batu bara. Dapat diaplikasikan untuk semua jenis boiler yang berbahan bakar minyak seperti Solar (IDO), Minyak tanah, gas, dan bahan bakar minyak bumi lainnya.

Sistem fix grate sesuai untuk boiler yang berkapasitas kecil 1 - 5 ton/jam seperti yang banyak digunakan oleh industri rumah tangga dan industri-industri kecil lainnya. Melihat besarnya penghematan biaya yang dihasilkan maka apabila industri anda tidak mampu untuk berinvestasi membeli unit boiler batu bara baru maka alternatif ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melakukan penghematan dan pemangkasan biaya bahan bakar yang sangat tinggi.

Dengan menggunakan sistem Fix Grate industri akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya adalah :

1. Investasi Murah

Dengan sistem ini boiler tidak perlu diganti. Hanya sistem pembakarannya yang perlu di ganti, sehingga biaya akan lebih murah. Dengan teknologi yang sangat sederhana sehingga biaya yang diperlukan untuk pengadaan unit ini bisa ditekan serendah mungkin dengan tidak mengesampingkan faktor keamanan dan keselamatan bagi operator dan pabrik pengguna pada umumnya. Dilihat dari nilai investasi yang rendah dan penghematan yang sangat tinggi maka pengembalian modal akan lebih cepat.

2. Hemat Energi

Harga bahan bakar batu bara yang relatif murah dan cenderung stabil dibandingkan dengan penggunaan BBM maka unit ini memberikan keuntungan materi yang sangat tinggi dan biaya produksi yang di keluarkan jauh lebih sedikit dibandingakn dengan BBM. Dalam pengoperasiaannya kebutuhan akan listrik jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sistem pembakaran lain.

3. Pemeliharaan lebih mudah

Sistem pembakaran ini tidak banyak memerlukan sistem penggerak mekanik, sehingga dalam pemeliharaannya jauh lebih mudah

4. Pengoperasian yang Mudah dan Aman

Sistem pembakaran manual ini sangat mudah sekali digunakan tanpa perlu keahlian khusus yang diperlukan dalam mengoperasikan unit ini dan aman dari terjadinya back fire karena unit ini dilengkapi dengan ID Fan sehingga pembakaran yang terjadi dalam furnace box adalah negatif pressure.

5. Limbah Ramah Lingkungan

Abu batu bara dari sisa pembakaran yang keluar dari boiler akan ditangkap oleh dust collector.

  1. Furnace Box Dimana pada bagian ini terjadinya proses pembakaran batu bara. Gas panas yang dihasilkan dari proses pembakaran pada furnace ini yang akan dialirkan ke existing boiler. Untuk menghasilkan kapasitas uap dan tekanan seperti sebelumnya, maka pada bagian furnace box ini dibuat water wall yang berfungsi menyerap panas yang terjadi pada saat pembakaran. Sehingga meningkatkan luas pemanasan pada boiler.
  2. FD Fan Agar terjadi proses pembakaran yang sempurna pada bagian furnace box maka perlu ditambahkan FD Fan untuk menambah udara pembakar pada prose pembakaran
  1. Economizer Tingginya temperatur gas panas yang keluar dari boiler diserap kembali oleh unit ini sehingga nilai kalori yang terbuang ke udara bebas dapat diminimalisir oleh unit economizer ini.
  2. Dust Collector Karena proses pembakaran berasal dari bahan bakar padat maka abu yang dihasilkan akan ditangkap oleh dust collector
  3. ID Fan Udara panas yang dihasilkan dari proses pembakaran akan dihisap oleh unit ID Fan ini sehingga merata keseluruh bagian permukaan boiler.