Artikel‎ > ‎

Kegunaan abu batu bara

diposkan pada tanggal 21 Des 2010 01.29 oleh Siswanto Tantular   [ diperbarui18 Jan 2012 19.20 ]

Salah satu produk samping dari hasil pembangkitan tenaga listrik PLTU batubara adalah abu batubara. Pada awalnya abu ini merupakan limbah yang tidak bisa dimanfaatkan lagi, tetapi setelah dikaji lebih jauh ternyata abu batubara dapat dimanfaatkan karena berbentuk partikel halus amorf dan bersifat Pozzolan dan dapat bereaksi dengan kapur pada suhu kamar dengan media air dan membentuk senyawa yang bersifat mengikat.

Abu batubara yang dihasilkan oleh Unit Bisnis Pembangkit Suralaya yang mempunyai total kapasitas terpasang dari pembangkit 3400 MW, adalah 1200 ton perhari dengan kehalusan 200 mesh.

Kandungan unsur yang ada didalamnya adalah :

KANDUNGAN

PROSENTASE

Silica

51,82 %

Alumina

30,98%

Hematid

4,93%

Kapur

4.66%

Magnesium

1,52%

Sulfat

1,51%

Carbom Content

1,52%

Total Alkali

1,42%

Dari hasil penelitian, abu batubara tersebut dapat dimanfaatkan dengan matriks sebagai berikut:

·    Cement
Portlant clinker, portland filler, blast furnace cement filler, slag filler preparation, activated flag cement

·    Concrete
Concrete mortar, plaster mortar, masonry mortar, foam concrete, dry mix, fly ash sand,concrete road, concrete product (flag stone, paving stone, kerb stone, sewer pipe / pit, pile)

·    Ceramics
Paving stone, brick, roof tiles, porous tiles, polysil tiles, ceramic tiles & paver blocks.

·    Civil Engineering Application
Asphalt filler, road stabilization subbasis, banks, dikes, Industrial area, Hydraulic engineering, road construction, slopes, ramps, approach road, concreted road.

·    Lime
Sand lime / calsium silicate brick, Insulation material, Cellulare concrete, Gascon, Mansory mortar, Sewage sludge stabilizer.

·    FGD Gypsum
Indoor wall blocks, cardboard / fibreboard self levelling floors, retarding agent

·    Miscellaneous
Zeolite synthesis

·    Synthetic Artificial
Aardilite, a lime bound artificial gravel, Lytag, asintered light weight systhetic gravel.

·    Upgrading Technique
Calcining, sintering, windsifting, sleving, screening, grinding, milling, mixing blending, drying, micronising.

·    Low Added Value.
Use on agricultural land as fertilizer, land reclemation for building, aplication in large infrastructural work, mine back filling, rehabilitation of un controolled land fills.

Dari matriks pemetaan pemanfaatan abu batubara, apa yang dapat kami berikan ?
Bila usaha anda bergerak di bidang konstruksi bangunan, maka abu dari kami dapat mereduksi cost produksi anda hampir 20% dari total cost anda.

Bila anda bergerak di industri semen PPC, maka abu dari kami akan mengurangi cost produksi anda dan menjadikan produk semen PPC anda menjadi lebih kuat dan bermutu tinggi.

Bila anda bergerak di industri beton ringan (light weight concrete) maka abu dari kami akan mereduksi cost produksi anda dan membuat mutu produk anda meningkat karena permukaan produk menjadi lebih halus dan kuat.

Bila anda bergerak di industri mortar atau semen siap saji maka produk abu dari kami dapat mereduksi cost produksi anda dan membuat mortar anda menajdi lebih bermutu dengan daya rekat yang kuat serta permukaan yang halus.

Bila anda bergerak di industri keramik berat seperti genteng, batako, casting, con block, batubata dll, maka produk abu dari kami adalah solusi untuk mereduksi cost produksi dan membuat mutu produk meningkat karena kekerasan dan kehalusan permukaan produk anda.

Berikut beberapa bentuk produk yang dihasilkan oleh Koperasi Rusamas Suralaya dengan menggunakan abu batubara PLTU Suralaya :

·    Conblok Merah

·    Conblock Abu-abu

·    Conblock Berlian

·    Conblock Segi enam

·    Bata Beton penganti bata merah

·    Batako